Friday 10 May 2013

Pengertian GPRS dan 3G

"PENGERTIAN GPRS"

GPRS (General Pocket Radio Service) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan peenerimaan data lebih cepat jika di bandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.
Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM. Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimadia di komputer, notebook dan hendhled computer. Namun, dalam implementasinya, hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:

  • Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS.
  • Software yang dipergunakan.
  • Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan. Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat, bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9,6 kbps.
Komponen - komponen utama jaringan GPRS  adalah :
1. GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Publik Data Network), informating routing, network screening, user screening, address mapping.

2.  SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.

3. PCU: Komponen ini level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS.
GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch sebagai cara untuk mentransmisikan datanya. Packet switch adalah sebuah sistem dimana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisikan dan di ubah kembali menjadi data semula. Sistem ini dapat mentransmisikan kribuah bahkan jutaan paket perdetik. Transmisi dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP backbone. Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS, secara teori, lebih murah daripada biaya akses CSD.

"PENGERTIAN 3G"

3G ialah singkatan untuk Thirdd-Generation atau Generasi Ketiga teknologi telepon seluler. Istilah 3G pada umumnya digunakan untuk mengacu keperkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). Secara umum, IYU-T, sebagaimana dikutip oleh FCC mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses.
  • Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile)
  • Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian)
  • Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat  
okey sampai disini dulu yahh,. sedikit berbagi pengetahuan,.. semoga dapat di pahami dan juga bermanfaat,. :)

3 comments: